KENANGAN MASA KULIAYAH DULU, INI KARYA AKU TERAKHIR KULIYAH
HAL.i
PERBANDINGAN
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR
MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2
LINGSAR
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
Oleh
:
KIKI AL-FIYAH LAIEL
NIM. 15.1.09.4.087
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
MATARAM
|
PERBANDINGAN PEMBELAJARAN
BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA SISWA SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMP NEGERI 2
LINGSAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
hal.ii
Skripsi
Diajukan kepada
Institut Agama Islam Negeri Mataram untuk melengkapi persyaratan mencapai gelar
Sarjana Strata 1 (S1) Pendidikan Matematika
Oleh
KIKI AL-FIYAH LAIEL
NIM. 15.1.09.4.087
JURUSAN
PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI (IAIN)
MATARAM
2014
hal. iii
PERSETUJUAN
Skripsi
KIKI AL-FIYAH LAIEL,
NIM. 15.1.09.4.087 yang berjudul “Perbandingan Pembelajaran
Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2
Lingsar Tahun Pelajaran 2013/2014” telah memenuhi syarat
dan disetujui untuk di munaqasyah-kan.
Disetujui
pada tanggal, Februari 2014
Di bawah bimbingan
Pembimbing I
Drs. H.Subki, M.Pd.I
NIP. 196612312000031010
|
Pembimbing II
Kristayulita, S.Pd., M.Si.
NIP. 198107282008012012
|
Nota Dinas
Hal
: Munaqasyah
Mataram,
Februari 2014
Kepada
Yth.
Rektor IAIN Mataram
di-
Mataram
Assalamu’alaykum
Wr. Wb.
Setelah
diperiksa dan diadakan perbaikan sesuai masukan pembimbing dan pedoman
penulisan skripsi, kami berpendapat bahwa skripsi KIKI AL-FIYAH LAIEL, NIM. 15.1.09.4.087, yang berjudul “Perbandingan
Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP
Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2013/2014” telah memenuhi syarat
untuk diajukan dalam sidang munaqasyah skripsi
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram.
Demikian, atas
perhatian Bapak Rektor disampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaykum, Wr. Wb.
Pembimbing I
Drs. H.Subki, M.Pd.I
NIP. 196612312000031010
|
Pembimbing II
Kristayulita, S.Pd., M.Si.
NIP. 198107282008012012
|
hal. v
|
PERNYATAAN
KEASLIAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Kiki Al-fiyah Laiel
NIM :
15.1.09.4.087
Program Studi :
Pendidikan Matematika
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Institusi :
IAIN Mataram
Dengan
ini menyatakan bahwa SKRIPSI dengan judul “Perbandingan
Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP
Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2013/2014” ini secara
keseluruhan adalah hasil penelitian/karya saya sendiri, kecuali pada
bagian-bagian yang dirujuk sumbernya.
Apabila
di belakang hari ternyata karya tulis ini
tidak asli, saya siap dianulir gelar keserjanaan saya sesuai dengan ketentuan
yang berlaku di IAIN Mataram.
Mataram, 2014
Saya
yang menyatakan
Kiki
Al-Fiyah Laiel
NIM.
15.1.09.4.087
hal. vi
PENGESAHAN
Skripsi
dengan judul “Perbandingan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe STAD
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII
Semester Ganjil SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2013/2014”
oleh
KIKI AL-FIYAH LAIEL, NIM. 15.1.09.4.087, Jurusan Pendidikan Matematika,
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram telah
dimunaqasyahkan pada hari
........, tanggal ....,
bulan ......., tahun.........., dan dinyatakan telah
memenuhi syarat untuk mencapai gelar sarjana Pendidikan Matematika.
Dewan Munaqasyah
1. Ketua
Sidang/Pemb. I : Drs. H.Subki, M.Pd.I ____________
NIP. 196612312000031010
2.
Sekretaris Sidang/Pemb. II : Kristayulita, S.Pd., M.Si. ____________
NIP. 198107282008012012
3.
Penguji I : ____________
4.
Penguji II : ____________
Mengetahui,
Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Dr. Muhammad, M.Pd.MS.
NIP. 196801051994031003
hal.vii
MOTO :
“Hai
manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang
perempuan dan menjadikan kamu berbangsa- bangsa dan bersuku-suku supaya kamu
saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu
disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesunggunya Allah
Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”(Q.S.Al-hujuraat : 13)
hal.viii
PERSEMBAHAN
Karya ini saya persembahkan untuk orang-orang
yang aku cintai :
1.
Puji
Syukur kehadirat Allah atas lahirnya aku ditengah keluarga yang sangat
menyayangiku, dan ,kasih sayang Engkau diwariskan kepada Orang Tua ku tercinta
dan tersayang inak Rapiah dan amak Suardi
2.
Kepada
adik (Onang Kharismaulana Ahsan),semoga dapat menjadi kebanggaan Keluarga.
3.
Kepada
Dosen Pembimbing satu (pak subki) dan pembimbing dua (buk kristayulita) terima
kasih banyak atas bimbingannya.
4.
Teman-teman
sekelas sayonara… Kepada Semua temen kekas C (Adi, fitri, Ahadi, lili, Isty, Ani,
Desi, Ica Ares, Ica MM, Ici, Jum, Nani, Nurlaili, Oti, Bq. Rara, Bq.Ria, Bunda
Saidah, Bunda Uyun, Bq.Maria, Bunda Uni, Bunda Husniati, Zakiah, Zakiatun,
Waton, Rostina, Yuyun, Indah, Zen, Zulfa, Munir dan teman lainnya yang tidak
bisa semua disebutkan disini), terimakasih atas semua bantuannya yang tidak
bisa saya balas, semoga menjadi amalnya nanti disurga ,amin.
hal. ix
KATA
PENGANTAR
Segala puji milik Allah
SWT, keselamatan dan kesejahteraan semoga selalu tercurah kepada junjungan kita
yang mulia, Nabi Besar Muhammad SAW. Skripsi ini tentu sudah benar-benar disusun
dengan penuh perjuangan semaksimal dan pengorbanan tenaga maupun perasaan dari
peneliti tapi namanya manusia tidak luput dari kekeliruan atau kekurangan, maka
dari itu peneliti mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya konstruktif dari
pembaca sebagai bahan perbaikan bagi peneliti di masa yang akan datang. Harapan
peneliti semoga skripsi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terutama yang
bergelut di dunia pendidikan.
Dalam penulisan skripsi
ini tentu banyak pihak yang membantu berupa bimbingan, saran, informasi, tenaga, pikiran bahkan
biaya. Maka dalam kesempatan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada
semua yang tidak muat kalau disebut satu persatu. Akhir kata, semoga apa yang
telah mereka berikan dicatat sebagai amal ibadah di sisi Allah SWT dan
mendapatkan balasan yang setimpal dari-Nya, Amin
ya rabbal alamin.
Mataram,
Februari 2014
Penulis
hal.xi
ABSTRAK
Kiki
Al-Fiyah Laiel, 15.1.09.4.087.
“Perbandingan Pembelajaran Berbasis
Masalah dan Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Lingsar Tahun
Pelajaran 2013/2014, Pembimbing : (I) Drs.H.Subki,M.Pd.I (II)
Kristayulita, S.Pd.,M.Si.
Kata
Kunci : Pembelajaran
Berbasis Masalah (PBL), Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD,
SPLDV, Hasil Belajar
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di sekolah
adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran.
Salah satu model pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kooperatif atau
pembelajaran inovatif. Dalam pembelajaran kooperatif mencangkup kelompok-kelompok
kecil siswa yang bekerja sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan suatu masalah,
atau menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan bersama lainnya. Dalam
pembelajaraan kooperatif, siswa dapat saling berinteraksi, saling memunculkan
strategi-strategi pemecahan masalah, memahami konsep-konsep yang sulit, serta menumbuhkan
kemampuan bekerjasama. Pembelajaran kooperatif memiliki dampak
positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya.
Kedua model pembelajaran ini mempunyai keistimewaan yaitu
siswa selain
bisa mengembangkan kemampuan kelompok juga mengembangkan kemampuan individu.
Pembelajaran PBL dan STAD merupakan model pembelajaran
yang menuntut keaktifan siswa. Siswa
dituntut untuk berpikir kritis dalam pembelajaran. Dalam
proses proses pembelajaran siswa dapat menyelesaikan masalah-masalah yang
dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun kedua metode bertujuan untuk
memecahkan masalah namun dalam
proses pembelajarannya berbeda.
Adapun perbedaan dalam pembelajaran PBL dan STAD yaitu
pada langkah pembelajarannya, dengan adanya perbedaan itu
maka peneliti ingin mengkaji apakah dengan menggunakan pembelajaran yang
berbeda tersebut akan memberikan hasil belajar
yang berbeda atau tidak.
Hasil
penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Pembelajaran
Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD memberikan hasil yang berbeda oleh siswa semester
ganjil kelas VIII.1
dan VIII.5 materi SPLDV Mata
Pelajaran Matematika SMP
Negeri 2 Lingsar. Antara kedua
kelas dengan hasil pengujian uji t
yang telah dilakukan dan diperoleh thitung
=
2.98 < ttabel = 2.02
pada taraf signifikan 5%. Jadi teori yang menyatakan terdapat perbedaan antara
kedua metode pembelajaran tersebut dapat terbukti dari penelitian tersebut.
hal.xii
DAFTAR
ISI
SAMPUL DEPAN ........................................................................................... i
HALAMAN JUDUL ....................................................................................... ii
HALAMAN
PERSETUJUAN ....................................................................... iii
NOTA DINAS PEMBIMBING...................................................................... iv
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI........................................................ v
HALAMAN PENGESAHAN......................................................................... vi
HALAMAN MOTTO ...................................................................................... vii
HALAMAN PERSEMBAHAN...................................................................... viii
KATA PENGANTAR..................................................................................... ix
ABSTRAK........................................................................................................ x
DAFTAR ISI..................................................................................................... xi
DAFTAR TABEL............................................................................................ xiv
DAFTAR GAMBAR....................................................................................... xv
DAFTAR LAMPIRAN.................................................................................... xvi
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang ........................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah
...................................................................... 3
C.
Tujuan Penelitian ........................................................................ 3
D.
Manfaat Penelitian ..................................................................... 4
E.
Lingkup Penelitian ..................................................................... 5
F.
Definisi Operasional ................................................................... 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
Deskripsi Teori ........................................................................... 8
B.
Hasil Penelitian Yang Relevan ................................................... 23
C.
Kerangka Berpikir ...................................................................... 26
D.
Hipotesis Penelitian .................................................................... 28
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Jenis
Penelitian ........................................................................... 29
B.
Tempat dan Waktu Penelitian .................................................... 29
C.
Populasi dan Sampel .................................................................. 30
D.
Rancangan Penelitian ................................................................. 31
E.
Teknik Pengumpulan Data ......................................................... 33
F.
Instrumen Penelitian .................................................................. 34
G.
Teknik Analisis Data .................................................................. 37
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Gambaran
Umum
....................................................................... 42
1.
Letak Geografis ..................................................................... 42
2.
Kondisi Perekonomian Masyarakat
Sekitar Sekolah ............. 43
3.
Kondisi Sosial dan Budaya Masyarakat
Pendukung ............. 45
4.
Kondisi Keamanan Lingkungan Sekolah .............................. 46
5.
Keaadaan Siswa, Guru dan Pegawai ..................................... 47
6.
Keadaan Sarana dan Prasarana .............................................. 48
B.
Penyajian Data ........................................................................... 51
C.
Analisis Data .............................................................................. 53
D.
Pembahasan ................................................................................ 54
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
................................................................................. 57
B. Saran-saran
................................................................................. 57
DAFTAR PUSTAKA
……………………………………………………….. 59
LAMPIRAN-LAMPIRAN
hal.xvi
DAFTAR TABEL
1.
Tabel
1.1 Daftar Nilai Matematika Sebelum dan Sesudah Menggunakan Metode PBL dan
Kooperatif tipe STAD SMPN 2 Lingsar ............................................... 2
2.
Tabel
2.1 Tahapan Pembelajaran Kooperatif STAD ............................. 16
3.
Tabel
2.2 Tahapan Pembelajaran Berbasis Masalah............................... 23
4.
Tabel
2.3 Analisis Telaah Pustaka ........................................................ 25
5.
Tabel
3.1. Data Jumlah Siswa kelas VIII SMPN 2 Lingsar .................. 30
6.
Tabel
3.2 Kisi-Kisi Instrumen Penelitian Pada Materi Pokok SPLDV.. 35
7.
Tabel 4.1 Data Mata Pencaharian Penduduk
Orang Tua/Wali Siswa ... 44
8.
Tabel
4.2 Jumlah siswa SMPN 2 Lingsar Tahun Ajaran 2013/2014
..... 47
9.
Tabel 4.3 Pelaksanaan Penelitian .......................................................... 51
10.
Tabel 4.4 Daftar Distribusi Frekuensi
Postest kelas eksperimen dan control materi SPLDV 52..........................................
hal.xvii
DAFTAR GAMBAR
1.
Gambar
2.1 Bagan Kerangka Berfikir................................................... 28
2.
Gambar
3.1 Skema Rancangan Penelitian............................................. 32
hal.xviii
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 RPP
dengan Metode Kooperatif tipe STAD dan PBL 62
Lampiran
2 LKS Matematika kelas VIII materi SPLDV ................................ 69
Lampiran
3 Kisi-Kisi Soal Evaluasi Materi SPLDV .......................................... 75
Lampiran
4 Profil Sekolah SMP Negeri 2 Lingsar.............................................. 89
Lampiran
5 Nilai Hasil Tes Akhir Kelas VIII.1 dan VIII.5 .............................. 91
Lampiran
6 Perhitungan Normalitas Kelas VIII.1 ............................................. 94
Lampiran
7 Perhitungan Normalitas Kelas VIII.5 ............................................. 95
Lampiran
8 Homogenitas Kelas VIII.1 dan VIII.5 ........................................... 97
Lampiran
9 Uji t Hasil Belajar ............................................................................ 103
0 komentar:
Posting Komentar